Back to Previous

Manfaat Tidur 6 Jam untuk Kesehatan Kulit Wajah

1 October 2024 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Tidur selain untuk mengistirahatkan tubuh, ini manfaat tidur 6 jam untuk kesehatan kulit wajah kamu!

Tidur tidak hanya menjadi jeda untuk kamu mengakhiri hari dan menyiapkan diri di hari selanjutnya. Durasi tidur kamu juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit wajah kamu. Setidaknya dalam satu hari manusia disarankan untuk tidur setidaknya selama 6 jam. Berikut penjelasan bagaimana tidur berpengaruh pada kesehatan kulit wajah kamu.

Bagaimana tidur mempengaruhi kesehatan kulit

Tidur adalah salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memberikan dampak negatif yang signifikan pada penampilan dan kualitas kulit kamu.

Salah satu hal dalam kesehatan kulit yang dipengaruhi oleh kualitas tidur adalah produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Ketika kita tidak cukup tidur, tubuh kita menghasilkan lebih sedikit kolagen. Efeknya, kulit wajah akan muncul kerutan, kulit kendur, dan tkamu-tkamu penuaan lainnya. 

Studi menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam per malam memiliki lebih banyak garis halus dan kerutan daripada mereka yang tidur lebih lama.

Selain itu, tidur juga mengatur proses terjadinya peradangan pada kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan peradangan, sehingga dapat memperburuk kondisi jerawat dan membuat kulit terlihat merah dan meradang.

Tidur juga mempengaruhi kadar kelembaban kulit. Tubuh kita menghasilkan hormon yang disebut vasopressin selama tidur nyenyak, yang membantu mengatur keseimbangan air tubuh. Ketika kita tidak cukup tidur, tubuh kita menghasilkan lebih sedikit vasopressin, sehingga menyebabkan kulit dehidrasi. Kulit dehidrasi dapat membuat garis halus dan kerutan lebih terlihat dan membuat kulit terlihat kusam.

Selain dari penjelasan di atas, kekurangan tidur juga bisa menyebabkan beberapa perubahan di kulit wajah kamu, di antaranya : 

  • Kelopak mata yang mengendur
  • Mata membengkak
  • Munculnya lingkaran hitam di bawah mata dan membuat “mata panda”
  • Kulit wajah yang lebih pucat
  • Kerutan dan garis halus yang lebih banyak
  • Sudut mulut yang lebih kendur

Tips Menyehatkan Kulit Melalui Tidur

Sekarang kamu sudah lebih mengerti bagaimana tidur juga berpengaruh ke kesehatan kulit. Ikuti beberapa tips berikut untuk menyehatkan kulit melalui tidur.  

  1. Tidur minimal 6 jam per hari

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau tidur yang kurang dari 5 jam di malam hari bisa mempercepat penuaan kulit dan mengurangi kesehatan skin barrier. Usahakan untuk tidur minimal selama 6 jam setiap harinya untuk menjaga kesehatan kulit. 

  1. Jaga Konsistensi Waktu Tidur

Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan. Hal ini akan membantu mengatur jam biologis tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Buat Suasana Kamar Tidur yang Nyaman

Setiap orang punya kriteria bagaimana bisa tidur dengan nyaman. Kamu bisa mencoba menciptakan suasana yang nyaman dengan mematikan lampu, menyemprotkan parfum ke sprei atau membeli kasur dan bantal yang berkualitas untuk mendukung kenyamanan tidur kamu.

  1. Hindari Kafein dan Alkohol Sebelum Tidur

Kafein dan alkohol dapat mengganggu kualitas tidur. Hindari mengkonsumsi keduanya beberapa jam sebelum tidur.

  1. Batasi Penggunaan Gadget

Cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Matikan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

  1. Kelola Stres

Stres dapat mengganggu tidur. Lakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi, yoga, atau membaca sebelum tidur untuk membantu menenangkan pikiran.

  1. Perhatikan Pola Makan

Makanan yang sehat dan bergizi dapat mendukung kualitas tidur. Hindari makanan berat, pedas, atau tinggi gula sebelum tidur.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, tetapi hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

  1. Periksa Kondisi Kesehatan

Jika kamu mengalami kesulitan tidur secara terus-menerus, konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat meningkatkan kualitas tidur dan merasakan manfaatnya bagi kesehatan kulit serta kesehatan secara keseluruhan. Ingatlah bahwa tidur yang cukup adalah investasi terbaik untuk kecantikan dan kesehatan kamu. Imbangi juga dengan menggunakan skincare yang tepat untuk menyehatkan skin barrier kamu. 

Suggested Articles