Back to Previous

Retinol Apakah Cocok untuk Kulit Sensitif? Cek Jawaban dan Rekomendasinya!

27 October 2022 WRITTEN BY OUR EXPERT TEAM

Retinol adalah kandungan dalam skincare yang terkenal dengan anti-aging nya. Tetapi apakah retinol cocok untuk kulit sensitif? Bagaimana cara pakainya?

Berbicara mengenai produk perawatan wajah, retinol adalah salah satu kandungan yang sering ditonjolkan. Pasalnya, manfaat retinol pada kulit wajah juga cukup banyak. Bagi kamu yang belum tau, retinol adalah bentuk aktif hewani dari vitamin A yang jika digunakan dengan tepat bisa mengurangi kerutan di wajah bahkan menghilangkan bekas jerawat. Tetapi bagi pemilik sensitive skin akan muncul pertanyaan apakah retinol cocok untuk kulit sensitif? Karena ternyata tidak jarang dengan cara pemakaian retinol yang salah justru bisa memicu munculnya iritasi pada kulit sensitif. 

Agar kamu tidak salah saat membeli skincare dan lebih yakin, intip dulu penjelasan berikut ini, yuk! Di akhir artikel kamu juga akan mendapatkan tips cara memakai retinol yang benar untuk kulit sensitif agar manfaat yang kamu dapatkan lebih maksimal dengan efek samping yang lebih minimum.  

Apakah retinol cocok untuk kulit sensitif?

Menurut para ahli dermatologis, retinol boleh digunakan untuk kulit sensitif namun perlu dengan pemakaian yang tepat. Ingat, harus dengan cara pakai yang tepat. Karena pemakaian retinol yang salah justru bisa memicu resiko iritasi seperti kemerahan, sensitivitas meningkat hingga gatal. 

Pernyataan tersebut bukan untuk membuat kamu takut menggunakan retinol, ya. Kamu masih bisa menggunakan retinol dan mendapatkan manfaatnya di kulit wajah. Namun perlu adanya sedikit penyesuaian di cara pemakaiannya agar lebih aman pada kulit kamu. 

Manfaat retinol pada wajah 

  1. Mencerahkan 
  2. Meningkatkan kelembapan dan tekstur kulit wajah
  3. Menjadi anti aging yang mampu memudarkan garis halus
  4. Pereda jerawat
  5. Membantu kulit memproduksi kolagen
  6. Mampu menghilangkan bekas jerawat

Cara memakai retinol yang benar untuk kulit sensitif

Nah, tips cara memakai retinol untuk kulit sensitif yang benar berikut ini sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kamu. Yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

1. Perhatikan besar kandungan retinol pada skincare

Setiap produk skincare akan melampirkan informasi bahan dan persentase kandungan yang di dalamnya. Hal inilah yang perlu kamu perhatikan saat membeli produk retinol pada skincare untuk kulit sensitif. Persentase kandungan retinol yang aman atau disarankan untuk pemilik kulit sensitif yaitu sekitar 0,01% hingga maksimal di 0,5%. Semakin kecil persentase retinol yang tertulis, artinya semakin lembut retinol tersebut untuk kulit sensitif. 

2. Atur intensitas penggunaan skincare retinol dalam sehari

Pemakaian retinol yang benar digunakan secara bertahap, artinya kamu bisa mulai dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu. Misalnya untuk awal penggunaan, kamu bisa memulai dengan pemakaian sebanyak 2-3x dalam seminggu menggunakan takaran yang paling sedikit.

Mengapa harus bertahap? Tujuannya adalah untuk mengenalkan kulit kamu dengan kandungan retinol. Penggunaan rutin dengan skala yang lebih sedikit akan membantu kulit wajah kamu lebih toleran terhadap active ingredients, seperit retinol. Diharapkan dengan begitu kulit kamu bisa lebih maksimal mendapatkan manfaat dari retinol tersebut.  

3. Lakukan gentle cleanser terlebih dahulu

Sebelum menggunakan skincare retinol, pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih. Lakukan gentle cleanser dengan sabun wajah untuk kulit sensitif favorit kamu. Kemudian tunggu beberapa saat hingga mengering. Kamu bisa mengikuti cara cuci muka yang benar untuk kulit sensitif yang pernah kami bahas sebelumnya.  

4. Gunakan pelembap

Menggunakan retinol tanpa memakai pelembap adalah hal yang sangat tidak disarankan. Retinol hanya akan membuat kamu lebih kering dan sensitif. Karena itulah harus diseimbangi dengan penggunaan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit kamu.

5. Hindari area paling sensitif di wajah

Tips terakhir dalam memakai retinol yang benar adalah dengan cara menghindari bagian-bagian yang paling sensitif di wajah. Misalnya di area sekitar mata, leher, dan lipatan hidung. 

Pemakaian retinol bagi pemilik kulit sensitif memang akan kembali lagi pada bagaimana kamu mengaplikasikannya pada wajah. Namun, meskipun begitu kamu bisa mencobanya terlebih dahulu. Jika ternyata justru menimbulkan iritasi, segera sedia pereda efek sampingnya dengan menggunakan produk seperti LABORÉ Barrier Revive Cream dan Barrier Repair Serum. Kedua produk tersebut bisa membantu kamu menghilangkan iritasi dan efek samping tidak cocok dengan skincare. 


Seperti yang telah dijelaskan oleh skincare guru, Teh Harun, bahwa LABORÉ barrier repair serum bisa menjadi P3K di rumah, tidak hanya untuk wajah tapi serum ini juga bisa digunakan pada bagian kulit yang sedang iritasi. Yuk segera dapatkan produk LABORÉ sekarang di e-commerce kesayangan kamu!

Suggested Articles